Wednesday, March 20, 2013

Jambore Dunia Ke-21


Jambore Dunia Pramuka ke-21 (bahasa Inggris: 21st World Scout Jamboree) adalah pertemuan atau jambore yang diselenggarakan pada tanggal 27 Juli sampai 8 Agustus 2007 yang juga merupakan bagian dari rangkaian Perayaan 100 tahun Kepanduan Sedunia. Kegiatan ini dilaksanakan di Britania Raya sebagai peringatan 100 tahun berdirinya Pramuka di Pulau Brownsea. Kegiatan tersebut berlangsung selama 12 hari di Taman Hylands, Chelmsford, Essex. Tempat ini dipilih karena akses yang mudah dijangkau baik melalui udara maupun laut, dan juga dekat dengan Taman Gilwell, bumi perkemahan dan pusat pelatihan untuk Pembina Pramuka. Lebih dari 38.000 Pramuka dan para pembina dari 158 negara yang memiliki Organisasi Kepanduan Nasionalnya yang diakui oleh Organisasi Kepanduan Sedunia berkemah dalam kegiatan tersebut, sementara lebih dari 50.000 orang menghadiri kunjungan setiap harinya. Dan lebih dari 8.600 anggota Tim Pelayanan Internasional juga menghadiri kegiatan tersebut.


Kegiatan ini terbuka untuk semua anggota Organisasi Kepanduan Sedunia yang berusia antara 14 sampai 17 tahun pada awal jambore di tanggal 27 Juli 2007. Anggota dari Asosiasi Kepanduan Putri Sedunia juga dapat berpartisipasi apabila anggota Organisasi Kepanduan Sedunia masing-masing nasional telah menyepakatinya. Orang yang akan berhadir harus benar-benar lulus seleksi dari Organisasi Kepanduan Nasional mereka masing-masing. Orang dewasa yang ingin juga berpartisipasi dapat bergabung sebagai anggota dari Tim Pelayanan Internasional, Tim Pendukung Kontingen Nasional, Pimpinan Organisasi Kepanduan Nasional, Perwakilan Nasional, Petugas (seperti dokter), atau Pembina. Setiap hari pengunjung dari berbagai kalangan dan usia juga melihat kegiatan tersebut. Namun, pada tanggal dan waktu dimana pengunjung perharinya harus dibatasi untuk menjaga kapasitas taman tersebut.

Kegiatan ini tercatat sebagai kegiatan Jambore kedua terbesar yang pernah diselenggarakan dengan peserta mencapai 38.074 orang peserta dan Tim Pelayanan Internasional yang hadir, tetapi dengan peserta yang negaranya lebih banyak dari sebelumnya,  dan lebih dari 42.000 orang pengunjung perharinya , sedangkan The 3rd Coming of Age Jamboree pada tahun 1929 menempati urutan terbesar dengan 50.000 orang peserta. Setiap kegiatan jambore pasti memiliki tema masing-masing, dan pada Jambore Dunia ke-21 tahun 2007 ini diambil tema Satu Dunia, Satu Janji (bahasa Inggris: one world, one promise). Motto ini disematkan pula pada lencana 100 tahun Pramuka dan diartikan dalam berbagai bahasa didunia dari seluruh Organisasi Kepanduan Nasional yang menjadi anggota Organisasi Kepanduan Sedunia. Motto ini juga dimasukkan dalam lirik lagu Jambo.
Atraksi, peristiwa dan fasilitas yang mencakup:
  1. Upacara Pembukaan : Kamp dipanggil untuk upacara khusus. Pangeran William dan Adipati Kent (Presiden Asosiasi Kepanduan Inggris) menghadiri dan berpartisipasi mewakili Ratu Inggris.
  2. Dunia Pedesaan : Pembagian enam daerah di lokasi perkemahan, antara lain daerah kreativitas, daerah teknologi dan daerah budaya.
  3. Petualangan Gilwell : Kegiatan petualangan yang menantang disediakan di Taman Gilwell, Inggris.
  4. Pembangunan Desa Global : Sebuah pameran yang mengeksplorasi tantangan utama dunia melalui lokakarya praktis yang dijalankan oleh orang khusus dari PBB dan organisasi-organisasi serupa dan amal seperti Oxfam.
  5. Globuses : Ini adalah serangkaian bus di London yang diubah menjadi basis belajar. Mereka mengajarkan masalah buruh, hak-hak perempuan, hak-hak anak, perjalanan global, HIV / AIDS dan air. Sebuah bus utama yang terkenal adalah bus hak perempuan yang memiki peran sebelumnya di Dunia Spice.
  6. Hari Aksi Masyarakat : Dikenal secara resmi sebagai Starburst, merupakan hari yang khusus untuk membuat perbedaan dalam masyarakat melalui keterlibatan yang mencakup kegiatan seperti pembukaan lahan hutan dan pohon-pohon di Hutan Epping dan mendekor ulang rumah singgah anak.
  7. Hari-hari Pertunjukan : Dilakukan oleh pemain drama dari peserta Jambore Dunia kontingen Inggris, sebuah kelompok Pramuka yang telah mengikuti audisi untuk melakukan kegiatan tersebut. Ada banyak lagu yang dinyanyikan, termasuk lagu unik Jamboree Megamix, sebuah lagu yang terdiri dari pop hits, serta lagu resmi Jambore.
  8. Upacara Pagi (bahasa Inggris: Sunrise Ceremony) : Kegiatan ini menandai Perayaan 100 tahun Kepanduan Sedunia; seluruh Pramuka bergabung bersama untuk kembali mengambil janji mereka melalui pranala video langsung ke Pulau Brownsea, dimana Perkemahan Pramuka terjadi untuk pertama kalinya. Peserta juga disediakan hiburan selama dan setelah kegiatan ini. Kejadian serupa juga terjadi pada 08.00 waktu setempat di tanggal 1 Agustus, di seluruh dunia. Michael Baden-Powell, cucu pendiri Pramuka, juga menghadiri kegiatan tersebut; dan dia membacakan kutipan dari surat terakhir yang pernah kakeknya tulis sebelum kematiannya. "Saya percaya bahwa Tuhan menempatkan kita di dunia ini untuk bergembira, bahagia dan menikmati hidup. Kebahagiaan tidak datang dari menjadi kaya, atau hanya dari sukses dalam karir Anda, maupun oleh kesenangan diri sendiri. Salah satu tahap menuju kebahagiaan adalah untuk membuat diri Anda sehat dan kuat saat Anda menjadi laki-laki, sehingga Anda dapat berguna dan dapat menikmati hidup ketika Anda menjadi seorang pria. Namun hal nyata yang diperlukan untuk mendapatkan kebahagiaan adalah dengan memberikan kebahagiaan kepada orang lain. Cobalah dan meninggalkan dunia ini dengan sedikit lebih baik daripada yang Anda temykan dan ketika giliran Anda tiba untuk mati, Anda bisa mati dengan perasaan bahagia, bahwa pada tingkatan apapun, Anda tidak menyia-nyiakan waktu Anda, tetapi Anda telah melakukan yang terbaik. Siap (bahasa Inggris: be prepared) dengan cara ini, untuk hidup bahagia dan mati bahagia - selalu tepati janji Pramuka Anda - bahkan setelah Anda berhenti menjadi anak, dan Tuhan membantu Anda untuk melakukannya. Teman Anda, Baden-Powell".
  9. Perkemahan Pagi bahasa Inggris: Sunrise kamp : Setiap negara peserta kegiatan harus mencalonkan 2 anggotanya untuk mengikuti Surise kamp, 27 Juli - 1 Agustus. Mereka akan dibagi menjadi 4 patroli dan mengikuti serangkaian kegiatan di Pulau Brownsea, termasuk membantu persiapan dan berpartisipasi dalam Upacara Pagi.
  10. Diperkenalkannya Adult Jamboree Friendship Award bagi anggota Tim Pelayanan Internasional dan Pembina.
  11. Kafe Internet dan hotspot.

0 komentar:

Post a Comment