Tuesday, March 12, 2013

Selamat malam, para pembaca. Hari ini semula berkesan, hingga akhirnya eyangkungnya si Bintang sakit parah, kemarin dirujuk ke rumah sakit tadi sempat kritis tapi barusan aku dikabari, sekitar jam 8.an eyangkungnya meninggal dunia :'( Innalillahi wa Innailaihi Roojiun.
Aku kurang tau eyangkung dia sakit apa, tadi waktu lagi nyuci tenda sama rekan pramuka lainnya, tiba2 aku ditelfon Papanya. Tapi waktu itu posisi hp.ku ada di dalem tas sedangkan aku lagi nyemplung di air. Lagi sikat-sikat tenda yang berlumpur. Soalnya kemarin pas pelantikan Bantara dan Laksana turun hujan. Oh iya, Alhamdulillah aku udah laksana loh. Sedikit lagi ke Garuda :D

Oh iya, balik lagi ke eyangkungnya Bintang. Baru kemarin, pas lagi makan nasi Baronan, Bintang cerita, "Dulu waktu aku kecil pas lagi ngambek, aku sering dijuluki alis empat sama eyangkung." katanya sambil praktekin punya alis empat. Mukanya bete abis, sumpah. Lucu... :) Dari situ udah keliatan banget kan, kalo eyangkungnya sayang banget sama dia.
Guys, aku jadi keinget eyangkungku sendiri. Udah sekitaran 1 bulanan semenjak aku dikabari kalo eyangkungku sakit jantung, kakinya bengkak. Niat tinggal niat, aku cuma berniat jenguk eyangkungku. Tapi sampe sekarang aku masih belum jenguk beliau sama sekali.

Terlintas kenangan masa lalu, waktu aku masih diasuh Eyangkung sama Eyangtiku. Aku dididik banget sama eyangkung. Aku punya jadwal kegiatan sehari-hari ditembok deket meja makan. Dulu aku disiplin banget. Tiap sore selalu nyiramin tanaman sama eyangkung. Ngasi makan ikan lele di halaman belakang, kasi makan Clever, kucing peliharaan pertamaku. Nama Clever juga saran dari eyangkungku. Katanya biar pinter, nurut. Masi inget, eyangkungku sering bete waktu Clever nggosok2in badannya di kaki beliau. Lalu aku disuruh ngasih makan.

Dulu juga, tiap malem aku mesti belajar. Udah ada jamnya, dari jam ini sampek jam ini aku harus belajar, gak boleh nonton tv. Sampe2 dulu aku pernah nonton tv, lalu remote tv disita dan tv dimatiin. Aku langsung belajar. Tiap malem juga, eyangkung yang matiin lampu kamar, nyalain lampu tidurku kalo aku ketiduran dan nggak matiin lampu. Aku kangen eyangkung, sumpah :'(

Ada juga momen, waktu itu lagi makan. Info nih, eyangkung suka banget makan sesuatu yang asin. Semua masakan eyangti harus asin. Nah, ini. Pas lagi makan aku selalu ngebuang nasi yang teksturnya nyatu kyk bola2 bubur. Kata beliau, nasi yang kaya gitu rasanya manis. Aku disuruh nyoba. Entah apa karena memang manis, apa sugesti dari beliau, rasanya beneran manis. Tapi setelah besar aku baru tau kalo itu ulahnya si enzim di mulutku.

Dulu juga, aku punya pohon jambu yang buahnya masih kecil tapi udah masak. Itu juga eyangkungku yang nanem, bawa bibit dari Jember, kota kelahirannya. Tentang ulang tahunnya, aku kemarin sempet ngucapin, tapi nggak buat hadiah. Sedangkan ulang tahunku, Eyangkung selalu dateng ke rumah lalu nyelipin hadiah di rak buku di kamarku. Aku jahat, ya. Banget :'(

Intinya aku sayang banget sama Eyangkung. Aku usahain, besok udah harus jenguk beliau. Pasti hari ini beliau lagi tiduran di ranjangnya, pasti sambil berdoa. Doain dia sendiri, dan pasti lagi doain aku juga. Eyangkung kalo sholat itu lamaaaaa banget. Aku masih inget. Akhir2 ini pasti kebunku kering, eyangkung kan sakit. Pasti sekarang, eyangti lagi disamping eyangkung. Eyangti selalu seperti itu. Dimana ada eyangkung, disitu ada eyangti. Aku sayang mereka. Aku pengen kaya eyangti. Sosok yang sangat setia :')



Diksinya berantakan abis, tapi udahlah. Masa bodoh aja. untuk eyangkungnya Bintang, semoga amal-amal ibadah beliau diterima sama Allah, trus surganya semoga luas dan bagus. Untuk yang ditinggalkan, mohon untuk lapang dada. Karena apapun yang Allah ciptakan, pasti kembali lagi kepadaNya. Kita hidup, kita mati. Semua hidup, semua mati. Mati bukan berarti kita berhenti hidup. Ingat, kita masih punya dunia di akhirat nanti. Amal kita yang menentukan, masa depan kita: Surga atau Neraka. Dih, serem deh bayangin tentang neraka.

Intinya tulisan ini, yah, tentang Eyangkung. Siapapun, baik yang membaca artikel ini atau yang tidak, jangan pernah lupakan Eyangkung sama Eyangti kalian. Bagaimanapun, doa mereka selalu tercurah untuk kita, cucu-cucunya. Aku ingin kalian sayang eyangkung sm eyangti kalian seperti aku menyayangi mereka.GBU :)

0 komentar:

Post a Comment