Saturday, May 4, 2013

TIPS MEMBUAT SEBUAH KEGIATAN SUKSES

Haloo sobat bloger, lama ya kayaknya ane gak ngeshare sesutu :D Kali ini ane bakal ngasik tips yang berasal dari pengalaman pribadi ane sendiri :D Yuks langsung aja.
Tips ini khususnya buat agan2 sekalian yang suka berorganisas. Langsung aja cekidotttt :D

1. Matangkan Betul Konsep Kegiatan
Ini adalah langkah awal dari sebuah kegiatan. Konsep kegiatan atau bagaimana jalannya sebuah kegiatan harus sudah matang mulai dari awal. Mulai dari apa tujuan kegiatanmu, siapa sasarannya, apa keuntungannya.Semua harus sudah dipikirkan sematang mungkin.

2. Buat Check list perlengkapan yang dibutuhkan tiap kegiatan
Perlengkapan bisa dikatakan vtal dalam sebuah kegiatan. Apakah mungkin kita dapat sukses menjalankan kegiatan jika salah satu dari alat yang dibtuhkan itu tidak ada. Lupakah ?? Lupa memang sudah kodrat manusia, tapi lupalah yang membuat malapetaka dalam sebuah kegiatan. Jadi mulailah dari sekarang membuat daftar2 peralatan yang dibutuhkan tiap2 kegiatan, dan selalu mencheck barang2 tersebut.

3. Selalu sediakan dana lebih untuk jaga2 adanya pembengkakan dana
Keuangan, ya keuangan! Keuangan itu sangat penting. Kebanyakan dari kita saat merencanakn sebuah kegiatan itu selalu meminimalisir dana. Dan terkadang dana yang kita ajukan itu pres dengan semua kebutuhan yang kita rencanakan awal. Itu adalah mutlak salah. Mengapa??? Karena dalam sebuah kegiatan pasti ada sebuah pengeluaran2 yang tak terduga. Jadi demi kesuksesan kegiatan selalu sediakan dan lain2 untuk jaga2 .

4. Lakukan simulasi kegiatan
Apa tujuannya???? Dengan mengadakan simulasi tentang kegiatan kita maka kita akan mengetahui kekuragan2 apa dalam persiapan kita saat kegiatan nanti. Dengan catatan simulasi ini harus diakukan dengan se  real mungkin. Dengan melakukan simulasi kita juga bisa terbiasa dalam kondisi saat hari H berlangsung.

5. Pilih anggota yang benar benar bertujuan mensukseskan kegiatan
Kebanyakan masalah yang sulit dihadapi adalah pada saat hari H ada aja anggota yang aksarannya mbelus. Biasanya ciri cirinya disuruh ini gak mau, disuruh itu gak mau. Itu adalah contoh anggota yang dapat menggagalkan kegiatan. Jadi pilihlah anggota yang benar2 mau berkorban.

6. Buatlah dokumentasi tentang kegiatanmu
Ini tujuannya adalah apabila ditahun depan kita ingin mengadakan kegiatan ang serupa maka kita tidak perlu bingung2 lagi mencari konsepnya. Tinggal melihat saja dari data yang sebelumnya.

Demikian Tips yang bsia saya berikan semoga itu bisa bermanfaat buat kalian semua :)






1 comment:

  1. Hidup itu harus luar biasa, harus beda dari yang lainnya, harus melakukan yang lebih, karena kalau hanya hidup saja, binatang juga bisa.. ayo, kita semua pasti bisa sukses!

    ReplyDelete