Tuesday, July 15, 2014

Haii guys, udah lama sekali nggak pernah nyapa kalian semua. Maklum  ane masih bingung ngurusin kelanjutan sekolah ane. Nggak kerasa ya kita udah berada dibulan puasa lagi, bulan yang ditunggu tunggu oleh seluruh umat manusia, karena di bulan puasa ini seluruh amal ibadah akan mendapatkan pahala yang berkali lipat. Yah begitulah mengapa umat muslim selalu menunggu nunggu datangnya bulan ini.

Dipostingan kali ini saya ingin membahas masalah shalat sunnah yang hanya ada disaat bulan puasa aja yaitu shalat terawih. Agan sekalian pasti udah pada taukan kalo selama ini ada perbedaan dijumlah rakaat shalat terwaih, ada yang 8 rakaat dan adapula 20 rakaat. Sebenarnya
kedua jumlah rakaat tersebut tidak ada yang salah. Hanya tergantung bagaimana keyakinan kita.

Mengapa 8 rakaat??? 
Jumlah rakaat 8 pada shalat terawih ini adalah meniru apa yang dilakukan oleh nabi Muhammad SAW yang bahkan ditulis dalam hadis HR. Bukhari no. 1147 dan Muslim no. 738. Nabi Muhammad SAW selalu melakukan shalat terawih sebanyak 8 rakaat dan ditutp dengan witir 3 rakaat.

Mengapa 20 rakaat???
Jumalah rakaat yang lebih banyak ini dianjurkan oleh para sahabat Nabi Muhammad SAW. Para sahabat telah memperkirakan bahwa generasi generasi selanjutnya akan mengalami penurunan iman dan ibadahnya, sehingga para sahabat menambah jumlah shalat terawih menjadi 20 rakaat yang bermaksut memperbanyak ibadah umat manusia kepada ALLAH SWT.

Lalu bolehkah shalat tarawih lebih dari 8 rakaat???
Tentu saja boleh, karena shalat terawih adalah salah satu shalat sunnah dan juga tidak ada hadist yang melarang untuk menambah jumlah rakaat pada saat shalat terawih bahkan pada hadist HR. Muslim no. 489 rasulullah bersabda agar manusia memperbanyak sujudnya kepada Allah SWT agar cita citanya mudah tercapai.

Jadi silahkan agan pilah pilah sendiri dan memutuskan berapa jumlah shalat terawih agan seklian. Mohon maaf bila ada kesalahan, sampai bertemu pada pos selanjutnya.

0 komentar:

Post a Comment