Sunday, April 7, 2013

Well, agan agan sekalian. Kali ini ane mau memberi sedikit trik agar kompi agan tetap bersih dari viru baik itu irus yang rumit hingga yang paling simpel. ini ane mau membantu agan2 yang sering kali mengeluh masalah virus komputer. Disini ane mau memberi beberapa trik yang bisa mengurangi resiko kompi anda dari virus yang sudah banyak saat ini. Sebenarnya trik ini berdasarkan pada pengalaman ane ndiri, yah kebetulan ane ini hobi banget ngutak ngatik komputer. Langsu aja ya, ini ane kasih tau, beberapa trik yang harus temen2 agan sekalian lakukan. Langsung aja cekidot :

1. Gunakan Software dari Penyedia yang Bersih
Dewasa ini sudah banyak sekali net yang namanya software, mulai dari soft yang kapasitas giga an hingga yang hanya kilobyte saja. Mulai dari software yang paling paling simpel hingga yang paling rumit. Lah disinilah masalahnya, biasanya agan2 sekalian yang baru tau dunia browser pasti mudah sekali terpengaruh dengan software2 yang unik2 misal aja ada software buat ngedit lagu, ngedit foto, bahkan ada juga sotware buat njaili orang lain. Lah disinilah masalah agan2 sebenarnya. Agan agan tidak mengecek dulu, apakah situs penyedia software tersebut aman dari malware. Malware adalah virus yang sekarang ini paling sering menjadi masalah buat kompi agan. Jadi mulai saat ini pilihlah situs yang benar2 bersih dari malware atau pergilah ke situs yang dipercaya oleh windows.
2. Scan setiap hardware yang masuk kedalam kompi anda
Kala untuk menghindari virus pastinya jelas agan agan sekalian sudah memasang antivirus, tapi satu yang ane tanya. Apakah agan sekalian selalu menscan setiap hardware yang masuk ??? Baik itu flashdisk, hardisk eksternal, memory card, atau sejenisnya. Mungkin bagi agan agan yang masih belum melakukan itu segeralah mulai saat ini setiap ada hardware yang masuk jangan dibuka dulu, langsung scan aja. Siapa yang tau kalau hardware tersebut terinveksi virus?? gimna kalau virus itu menyebar?? kan agan sendiri yang susah. Jadi mendingan agan sabar dulu beberapa menit menunggu penscanan selesai.
3. Lakukan scan rutin pada PC anda
Cara ini sangat efektif, karena apabila kita selalu mengontrol kesehatan pc kita, virus tidak akan bisa berkembang biak dalam pc kita. Bahkan virus akan mudah terhapus lama kelamaan. Lakukan scan minimal seminggu sekali agar pc anda tetap terjaga dari virus.
4. Memasang defreeze
Defreeze sangat efektif untuk mencegah virus masuk kedalam sistem kita. Tapi disini defreeze memiliki satu kelemahan. Cara kerja defreeze adalah setiap komputer anda mati dan dinyalkan kembali, komputer anda akan kembali pada kondisi awal saat pertama kali memasang defreeze. Jadi meskipun sobat sekalian menginstal suatu software kedalam pc agan, setelah di xalakan kembali maka software itu tidak ada. Begitu juga dengan virus, jika sebelumnya sistem anda masih bersih saat menginstal defreeze maka meskipun sistem anda terkena virus setelah direstart pasti sistem anda akan bersih seperti semula.
Mungkin itu aja pengalaman yang ane tau tentang gimana nggindarin virus dari pc kita. Mungkin kalo nanti ane dapet trik lagi pasti ane bakal xebarin kok (y). Mungkin dari temen agan ada yang punya trik lain silahkan coment :)

0 komentar:

Post a Comment